Alat untuk Membuat Jaringan



Alat yang dibutuhkan untuk membuat jaringan adalah sebagai berikut :

  1. Tang Crimping
  2. Connector RJ-45
  3. Kabel UTP
  4. Lan Card / Modem
  5. Tester
  6. Switch/Hub
  7. Sambungan ke Internet






1. Tang Crimping


Fungsi Crimping tools :

- memotong kabel
- melepas pembungkus kabel
- memasang konektor

2. Connector RJ - 45



RJ merupakan singkatan dari (Registered Jack). Merupakan konektor yang akan dipasangkan pada unjung kabel. Untuk kabel jaringan menggunakan tipe RJ45.

3. Kabel UTP



Kabel yang akan kita gunakan untuk membuat kabel jaringan dengan jenis UTP (Unshielded Twistet Pair). Biasanya saya menggunakan Merk Belden made in USA ataupun Belkin

4. LAN Card / Modem



Lan card adalah adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Modem adalah singkatan dari modulator-demodulator yaitu alat yang digunakan untuk menghantar dan menerima data dari sebuah PC ke PC lainnya melalui kabel telephone.

5. Tester


Digunakan untuk menguji hasil pemasangan kabel sudah benar atau belum.

6. Switch / Hub



Switch adalah perangkat jaringan yang bekerja di lapisan Data-link, mirip dengan bridge, berfungsi menghubungkan banyak segmen LAN ke dalam satu jaringan yang lebih besar. Hub perangkat penghubung Hub memiliki 4 - 24 port plus 1 port untuk ke server atau hub lain.

7. Sambungan ke Internet



Ini yang paling penting, jika tidak sambungan ke internet maka jaringan kitapun tidak bisa berinternet


sumber : http//google.com



4 Responses
  1. Unknown Says:

    met pagi,
    saya ada tugas case study,
    sebuah perusahaan memiliki 6000 workstations dan gedung 8 lantai dengan luas masing-masing lantai 500m2. budget yang diberikan itu cuma rp.60 juta, nah saya disuruh buat perancangan jaringannya n alat-alat yang dibutuhkan, please bantu saya ya,,,,,

    thank


  2. Unknown Says:

    met pagi,
    saya ada tugas case study,
    sebuah perusahaan memiliki 6000 workstations dan gedung 8 lantai dengan luas masing-masing lantai 500m2. budget yang diberikan itu cuma rp.60 juta, nah saya disuruh buat perancangan jaringannya n alat-alat yang dibutuhkan, please bantu saya ya,,,,,


  3. yes pr gue selesai :D
    makasih


  4. Unknown Says:

    link changen boss
    http://heri-men.blogspot.com/